Bali Clean

Bali Green… because green, is not just a color…

Setra Gandha Mayu

| 1 Comment

‘Setra’ dalam bahasa Indonesia berarti kuburan. Di Bali, kuburan merupakan peristirahatan jasad yang telah mati namun bersifat hanya sementara. Jasad tersebut kemudian akan dikremasi dalam prosesi upacara Ngaben.

Tidak seperti kuburan pada pemeluk agama dan adat istiadat daerah lain, kuburan orang Hindu Bali bisa dibilang tidak akan pernah penuh, begitu juga dengan Setra Gandha Mayu yang ada di Desa Adat Kota Tabanan. Ini disebabkan kepercayaan bahwa setiap jiwa yang telah meninggal akan lebih sempurna setelah dilaksanakan upacara ngaben.

Setra Gandha Mayu - vmancer

Ketika seseorang meninggal, maka dilaksanakan upacara yang mana bisa dikuburkan terlebih dahulu atau langsung diaben tergantung dari keluarga duka.

Apabila dikuburkan, maka akan dibuatkan tanda sementara agar keluarga duka ingat dimana posisi yang meninggal tersebut dikuburkan. Ini bisa berupa nisan tapi tidak boleh yang bersifat permanen atau terlalu besar karena akan menyulitkan pada proses pengangkatan mayat ketika ngaben. Selain itu beton-beton nisan juga akan menyulitkan untuk penggalian liang lahat untuk penguburan selanjutnya.

Setra Gandha Mayu - vmancer

Setelah berselang beberapa tahun, mayat yang dikuburkan tadi akan diangkat dan dibersihkan dan lubang kuburan kembali ditutup sehingga berkondisi hampir rata dengan tanah sekitar. Dalam waktu beberapa lama ini, mayat biasanya belum hancur seluruhnya. Jari, rambut, dan bagian lain yang kecil dan terletak diluar tubuh biasanya sudah terlepas dan bagian kulit dan dalam tubuh berkondisi agak kering dan juga berulat. Ini juga berhubungan dengan seberapa banyak zat pengawet (formalin) yang disuntikkan.

Setra Gandha Mayu - vmancer

Pengangkatan mayat biasanya dilakukan beberapa jam sebelum upacara pengabenan. Setelah dikeluarkan, mayat dibersihkan dan diletakkan pada satu bangunan sementara di dekat tempat pembakaran atau kremasi.

Author: vmancer

I liked the world of mobile phones, computers, and software. which I will discuss here.