Bali Clean

Bali Green… because green, is not just a color…

Galungan Kuningan di Kaswari

| 2 Comments

Hari raya Galungan-Kuningan adalah hari besar pemeluk agama Hindu di Bali yang merupakan hari perayaan kemenangan Dharma melawan Adharma (kebaikan melawan keburukan).

Pada hari tersebut orang-orang biasanya melakukan persembahyangan di pura pada pagi harinya dan juga berkumpul dengan keluarga. Ada pemandangan lain pada hari raya ini di Jalan Kaswari, Tabanan, Bali.

Sejak beberapa tahun yang lalu, warga yang tinggal di Jalan Kaswari, yang masuk dalam 2 wilayah banjar, yaitu Banjar Jambe Belodan dan Banjar Jambe Baleran, mengadakan Festival Kaswari yang sampai saat ini telah sampai pada yang ke-7.

mepeed - pembukaan - festival kaswari

Pada Festival Kaswari dipentaskan berbagai seni budaya Bali seperti tari-tarian, gamelan, Barong Bangkung, geguntangan, lomba penjor Galungan, dan juga beberapa kegiatan yang lain.

 barong bangkung - festival kaswari

Awalnya, ketika festival ini baru dimulai hanya diadakan lomba penjor Galungan dan pementasan Barong Bangkung. Sekarang pementasan yang dilakukan telah melebar dan juga diadakan kegiatan-kegiatan pendukung, seperti penjualan sembako murah, pemeriksaan kesehatan gratis, dan jalan sehat bersama keluarga. Pementasan hiburan diadakan pada malam hari dan kegiatan pendukungnya diadakan pada siang hari pada tanggal 15 – 24 Oktober 2009.

Beberapa foto-foto dokumentasi Festival Kaswari 2009 bisa dilihat pada album picasa berikut http://picasaweb.google.co.id/vmancer/FestivalKaswari?feat=directlink.

Author: vmancer

I liked the world of mobile phones, computers, and software. which I will discuss here.

2 Comments

  1. dngn hormat kpda panitia fstival kswari agar scra rutin mngadakan prlombaan sprti barong bangkung,bleganjur,dan gong kbyar sbgai ajang mlestarikan budaya bali skaligus ajang untuk mlahirkan bibit2 seni d tbanan untuk mnghadapi persaingan dalam ajang pesta ksenian bali dmi mngharumkan nma tbanan.trima ksih.

  2. Saya kebetulan Warga Kaswari, sepanjang yang saya ketahui kegiatan Festival Kaswari diadakan pada Hari Raya Galungan dan Kuningan yang kedua pada tahun itu. Jenis kegiatannya tergantung dari pendanaan yang ada, misalnya untuk tahun 2010 hanya bisa diselenggarakan 3 hari saja, hari : 1. Aneka Tari Bali, 2. Pentas Barong Bangukung, 3. Calonarang.

Leave a Reply