Bali Clean

Bali Green… because green, is not just a color…

Pantai Bali dari langit

| 0 comments

netsurfer-sunsetBali terkenal indah sehingga menjadi daya tarik pariwisata dan dikunjungi wisatawan. Hampir sepanjang tahun terus dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik. Salah satunya adalah obyek wisata pantai-pantai Bali.

Pantai-pantai di pesisir selatan Pulau Bali dominan berpasir sehingga banyak aktivitas yang berlangsung di pantai, sedangkan di pesisir utara sebagian pantainya berbatu karang. Pantai-pantai di bagian selatan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia yang berefek langsung pada besarnya gelombang yang mengakibatkan nelayan kesulitan melaut pada musim-musim tertentu dan membawa efek baik ataupun buruk yang lain. Sedangkan pantai di pesisir utara berhadapan dengan laut yang relatif lebih tenang.

Besarnya ombak pada pantai-pantai pesisir selatan Pulau Bali juga menarik minat khusus wisatawan yang gemar olahraga selancar (surfing). Ketika saya berada di pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali, mendengar percakapan beberapa wisatawan mancanegara (wisman) dengan penduduk lokal. Mereka bercakap-cakap mengenai spot selancar yang ada disana. Penduduk lokal menanyakan kepada wisman dari mana dia tahu spot selancar di Pantai Yeh Gangga ini. Dari sana si wisman ini bercerita, dia tahu dari temannya yang sebelumnya pernah berselancar disana. Selain itu dia juga bercerita bahwa cukup sulit mencari info mengenai pantai Yeh Gangga ini karena tour guide (pemandu tour) yang mengantarnya saat itu saja tidak tahu tempat itu dan akhirnya mereka sampai dengan cara bertanya-tanya dan melihat info petunjuk jalan.

Dari hal diatas saya tertarik mencari tahu lebih jauh dengan Google Earth yang menggunakan pencitraan satelit untuk membentuk globe digital. Saya melihat lebih dekat Pulau Bali dan akhirnya saya menemukan memang telah ada yang membuat penandaan (placemark) spot-spot selancar, tetapi untuk pantai Yeh Gangga memang belum bertanda. Hanya pantai Medewi, pantai di sebelah barat yang sudah bertanda yang dilakukan user anggota dari wannasurf.com (kalau tidak salah). Selain itu kearah timur dari Pantai Kuta, penandaan sudah ada lebih banyak.

pantai bali dari langit

Dilihat dari segi pemasaran, penandaan yang hasilnya muncul pada Google Earth, cukup berfungsi. Penandaan dilakukan  hanya sekali yang akan bisa dilihat terus oleh semua orang. Bagi yang tertarik akan langsung mencari info lebih jauh. Dan langsung berangkat…..

sumbangan dari Vmancer
http://vmancer.blogspot.com
Group editor of http://tutorial.dumbstrack.com
visit also http://tudabit.blogspot.com

Author: DiCK DuMBSTRaCK

Founder of DuMBSTRaCK, like playing music, drawing and writing. Love to see this nature become a better place :)

Leave a Reply