Bali Clean

Bali Green… because green, is not just a color…

Modern Landfill

| 1 Comment

landfill

Konsep landfill seperti di atas ialah sebuah konsep landfill modern yang di dalamnya terdapat suatu sistem pengolahan produk buangan yang baik.
Landfill ialah pengelolaan sampah dengan cara menimbunnya di dalam tanah. Di dalam lahan landfill, limbah organik akan didekomposisi oleh mikroba dalam tanah menjadi senyawa-senyawa gas dan cair. Senyawa-senyawa ini berinteraksi dengan air yang dikandung oleh limbah dan air hujan yang masuk ke dalam tanah dan membentuk bahan cair yang disebut lindi (leachate). Jika landfill tidak didesain dengan baik, leachate akan mencemari tanah dan masuk ke dalam badan-badan air di dalam tanah.

Karena itu, tanah di landfill harus mempunya permeabilitas yang rendah. Aktifias mikroba dalam landfill menghasilkan gas CH4 dan CO2 (pada tahap awal – proses aerobik) dan menghasilkan gas methane (pada proses anaerobiknya). Gas landfill tersebut mempunyai nilai kalor sekitar 450-540 Btu/scf. Sistem pengambilan gas hasil biasanya terdiri dari sejumlah sumur-sumur dalam pipa-pipa yang dipasang lateral dan dihubungkan dengan pompa vakum sentral. Selain itu terdapat juga sistem pengambilan gas dengan pompa desentralisasi.

Mudah-mudahan bisa menambah wawasan…. Artikel diambil dari majarimagazine.com
Visit also http://tudabit.blogspot.com

Author: DiCK DuMBSTRaCK

Founder of DuMBSTRaCK, like playing music, drawing and writing. Love to see this nature become a better place :)

One Comment

  1. Benar sekali, terbukti peroses Landfill Gas Flaring ini bisa menghasilkan uang dari carbon credit dan bahkan bisa menghasilkan listrik.
    Kota Bekasi telah mengikuti jejak bali, baca ulasannya, dan share opini sobat :
    http://fotounik.net/bekasi-bersih-partisipasi-blogger/

    Salam Sahabat

Leave a Reply