Bali Clean

Bali Green… because green, is not just a color…

Susahnya menumbuhkan pohon bakau

| 0 comments

sulitnya menanam bakauGambar disamping adalah hasil penanaman bibit pohon bakau yang ditanam oleh warga Banjar Pasut di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali. Pohon bakau itu ditanam untuk memperbaiki kondisi ekosistem muara sungai Yeh Hoo agar di tahun-tahun mendatang bisa menjadi tempat perkembangbiakan ikan dan juga kepiting sehingga tetap lestari. Dengan kata lain adalah salah satu usaha pelestarian lingkungan pada muara sungai Yeh Hoo.

Pada gambar terlihat tanggal pengambilan gambar yaitu 21 Juni 2008. Ya… tanggal tersebut adalah sekitar 1,5 bulan setelah dilakukan penanaman bakau. Pemilihan waktu tanam berperan penting untuk menunjang perkembangan bakau.

Perkembangan bakau terlihat cukup bagus, sudah tumbuh pucuk-pucuk baru.
Kondisi aliran sungai waktu itu cukup stabil, terkadang si bakau muda ini tenggelam, juga pernah tidak tergenang. Bagi yang mengerti tentang pohon bakau ini suatu kondisi yang baik untuk perkembangan pohon bakau.

Kemudian memasuki bulan Agustus – September, di beberapa daerah mulai turun hujan. Termasuk di daerah muara aliran sungai ini. Kondisi aliran air di muara pun membesar dan ketinggian airnya sukup tinggi untuk merendam si bakau muda berhari-hari.

Ketika aliran sungai di muara menyurut beberapa hari kemudian… sebagian dari bakau muda itu hilang terbawa aliran sungai, dan sebagian besarnya mati menghitam…

Gagal sudah upaya konservasi yang telah dipersiapkan lama. Dari memilih bibit, memilih waktu tanam, dan langkah-langkah antisipasi yang dilakukan.

Yang bisa dilakukan kemudian adalah mencoba… dan mencoba kembali untuk menyelamatkan alam.

Ini adalah pengalaman warga Pasut dalam upaya mengembalikan bakau di muara Sungai Yeh Hoo di Tabanan Bali yang walaupun gagal tetap harus dilanjutkan.

sumbangan dari Vmancer
http://vmancer.blogspot.com
Group editor of http://tutorial.dumbstrack.com
visit also http://tudabit.blogspot.com

Author: DiCK DuMBSTRaCK

Founder of DuMBSTRaCK, like playing music, drawing and writing. Love to see this nature become a better place :)

Leave a Reply